Minggu, 19 Februari 2012

Tiga Tugas Pokok Manusia Di Dunia


Terdapat Tiga Tugas Pokok Manusia Di Dunia

Hablum Minallah, Hablum Minan Naas, Hablum Minal Alam adalah tiga tugas pokok yang telah kita sepakati melalui perjanjian yang tertulis di dalam alquran. ketiga tugas pokok itu tidak ada yang bisa dipisahkan semua harus dilaksanakan demi untuk kebaikan manusia dan alam seisinya.

Keselamatan manusia tidak akan berarti jika hanya melakukan salah satu tugas saja, karena begitu kita (manusia) memasuki satu wilayah atau tugas , maka 1 diantara 2 tugas menjadi sesuatu yang juga harus dilaksanakan, dan seterusnya ketika 2 tugas dilaksanakan maka tugas yang ke 3 pun harus dilaksanakan.

Mengembangkan seluruh potensi manusia baik yang berbentuk jasmani maupun rohani. Menumbuh suburkan hubungan harmonis setiap pribadi dengan Allah, manusia dan alam semesta. hanya dan hanya bisa dilakukan secara bersama - sama , tanpa ada rasa iri , dengki, hasud yang bisa menimbulkan perpecahan. karena jika perpecahan terjadi maka mau tidak mau peringatan pun akan terus ditimpakan, hingga kita kembali kepada persatuan dan kesatuan karena manusia ini adalah umat yang satu.

Hablum Minallah

Dalam kaitannya dengan Hablum Minallah , mungkin sebagian orang akan berpikir cukup dengan shalat dan dzikir, meninggalkan hiruk pikuk dunia dan segala permasalahannya , namun hendaklah kita tidak melupakan bahwa didalam Rahmat , Hidayah dan Inayah yang telah Allah Subhanahu Wata'ala berikan kepada kita, ada HAQ orang lain. 

  1. Harta yang telah kita dapatkan = ada Hak orang lain yang kekurangan. (dimintai pertanggungan jawab, QS Adz Dzaariyaat , QS Al Maa´uun , QS At Taubah , dll )
  2. Ilmu yang kita dapatkan = Ada Hak orang lain,  (laknat allah menyertai mereka yang menyembunyikan ilmu , QS Al Baqarah , QS Ali Imran, QS Al Maidah, dll )
  3. Dan karunia , karunia Allah Subhanahu wata'ala yang lain yang telah diberikan kepada kita.





Yang kemudian akan memasukkan kita kedalam tugas yang kedua yakni Hablum Minannas. Untuk terciptanya fungsi tersebut yang terintegrasi dalam diri pribadi muslim yang beriman, tidaklah bisa dilakukan sendiri, kita tidak bisa melakukan sesuatu tersebut dengan sendirian, karena kita butuh tempat untuk menanam ladang amal kita, dan itu pada orang / individu yang lain.

Adapun tugas yang ketiga yakni Hablum Minal Alam adalah jalan yang berada diantara 2 tugas pokok manusia, dalam mencari keselamatan dan ketentraman hidup di dunia. menjaga agar alam tetap bersahabat , menjaga alam demi untuk kebaikan kita sendiri selama berada di dunia ini, adalah tugas kita (manusia) sebagai khalifah.

Kesemuanya ini adalah tugas kita hidup di dunia yakni untuk, menyatukan hati dan jiwa, menghilangkan iri , hasud dan dengki, dan ketidak seimbangan. karena Allah Subhanahu Wata'ala telah menciptakan manusia dan alam semesta ini seimbang. (Al Ayat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar